Pembukaan Pawai Pesta Kesenian Bali XL Tahun 2018

Minggu, 24 Juni 2018

 

Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ditandai dengan pemukulan gong di panggung kehormatan, di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandi Denpasar, Sabtu (23/6).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara pawai Pesta Kesenian Bali ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Sebelum dibuka Presiden Jokowi, Bapak Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memberikan sambutan. Beliau menyampaikan dengan kehadiran Presiden Jokowi dalam festival Pesta Kesenian Bali Tahun ini menjadi penyemangat bagi masyarakat Bali, khususnya para seniman, untuk terus berkarya dan berkreasi mengembangkan kebudayaan Bali. Pesta Kesenian Bali merupakan agenda rutin tahunan yang menjadi puncak apresiasi bagi seniman dan budayawan Bali, yang akan berlangsung sebulan penuh, dan menampilkan seluruh cabang dan jenis kesenian yang ada di Pulau Bali.

Pawai pembuka PKB diawali dengan penampilan ISI Denpasar yang menampilkan garapan tarian Siwanataraja, yang juga merupakan maskot PKB tahun ini, diiringi dengan alunan gambelan Ketug Bumi. Kemudian perwakilan dari Pemerintah Provinsi Bali, Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan dan Marching Band Universitas Udayana.  Peserta dari luar daerah dan luar negeri pun turut memeriahkan pawai. Di antaranya peserta dari pemerintah Provinsi GuangXi China, ISBI Papua, Sanggar Basundari Jepang, Forum Sunda Kecil, Konsulat Jepang, dan Marching Band Warmadewa.

Usai penampilan marching band dari Universitas Udayana, Presiden Jokowi beserta ibu negara ditemani Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan istri menaiki mobil hias. Dari mobil hias tersebut, Presiden dan Ibu Iriana menyapa masyarakat yang memenuhi rute pawai.