Kongres Kebudayaan Bali III Tahun 2018

Selasa, 04 Desember 2018


     Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan mengamanatkan setiap pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk menerbitkan dokumen Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD). Untuk kemudian PPKD Kabupaten/Kota ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati/Walikota, dan PPKD Provinsi ditetapkan berdasar Surat Keputusan Gubernur.

       Pada tingkat Nasional, yang digariskan Undang-undang Pemajuan Kebudayaan adalah penyusunan Strategi Kebudayaan oleh Menteri, dan penetapan melalui Surat Keputusan Presiden. Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan inisiatif penyusunan dokumen Strategi Kebudayaan melalui forum Kongres Kebudayaan Indonesia.

     Berdasar pencermatan mekanisme penyusunan dokumen Strategi Kebudayaan Nasional melalui forum Kongres Kebudayaan Indonesia, maka penyusunan dokumen Pola Dasar Kebijakan Pemajuan Kebudayaan Bali (PDKPKB), yang merupakan formulasi, artikulasi dan proyeksi atas PPKD Kabupaten/Kota dan Provinsi penting dilakukan melalui forum Kongres Kebudayaan Bali.          

     Dokumen PDKPKB 2018-2023, merupakan formulasi dan artikulasi dari visi-misi Pembangunan Bali 2018-2023, PPKD Kabupaten/Kota dan Provinsi Bali, dan rekomendasi unsur kelembagaan kebudayaan yang relevan. Adapun aspek PDKPKB adalah sebagai berikut: visi-misi pemajuan kebudayaan, Tujuan dan Sasaran, Perencanaan, Pembagian Wewenang, dan Alat Ukur Capaian. Dokumen PDKPKB akan dijadikan acuan dalam penyusunan program pemajuan kebudayaan daerah Bali.  

Tema

Untuk menguatkan visi Kongres kebudayaan Bali sebagai forum inventarisasi, artikulasi dan perumusan materi Pola Dasar Kebijakan Pemajuan Kebudayaan Bali (PDKPKB), maka ditetapkan tema Kongres Kebudayaan Bali 2018, sebagai berikut :

Nangun Jiwa Pramana Budaya Bali

“Pengarusutamaan Pemajuan Kebudayaan Bali untuk Pencerdasan dan Kesejahteraan Krama Bali Sekala Niskala” .

Kongres Kebudayaan Bali III Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 3-4 Desember 2018 di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali.

Berikut Materi yang bisa di download. Terima kasih.
Kongres Kebudayaan Bali III Tahun 2018 klik disini
Kabupaten Badung   klik disini
Kabupaten Buleleng klik disini
Kabupaten Bangli  klik disini
Kabupaten Gianyar  klik disini
Kabupaten Klungkung  klik disini
Kabupaten Tabanan  klik disini
Kabupaten Jembrana   klik disini
Kabupaten Karangasem  klik disini