Bulan Bahasa Bali 2019

Rabu, 09 Januari 2019

 

BULAN BAHASA BALI TAHUN 2019

Tema, “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Malarapan Antuk Ngrajegang Bahasa, Aksara miwah Sastra Bali”.

I.       LATAR BELAKANG KEGIATAN

Negara Republik Indonesia menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai sebuah kearifan lokal dalam kerangka kebudayaan nasional. Undang-Undang no 5 tahun 2017 mengenai pemajuan kebudayaan menguatkan posisi pemerintah dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal termasuk, bahasa, aksara, dan sastra Bali. Pelestarian dan pengembangan ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, akademisi, praktisi, sastrawan, budayawan, seniman dan seluruh masyarakat Bali sebagai subjek dari bahasa, aksara dan sastra Bali.

Dengan dasar tersebut, maka pemerintah provinsi Bali mengamanatkan penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali melalui Peraturan Gubernur Bali nomor 80 tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, yang tercantum dalam Bab V pasal 7 dan pasal 8. Pada bagian tersebut dinyatakan bahwa Bulan Bahasa Bali diselenggarakan pada setiap bulan Pebruari dan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. Bulan Bahasa Bali dapat diselenggarakan oleh Desa Adat, lembaga pendidikan Swasta dan/atau masyarakat.

Bulan Bahasa bali diselenggarakan dalam bentuk kegiatan festival, lomba, pameran, pertunjukan, seminar dan kegiatan lain yang relevan dengan pengembangan dan pelestarian Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Seluruh penyelenggara dan peserta kegiatan sebagaimana dimaksud menggunakan Bahasa Bali.

II.       TAHAPAN DAN WAKTU PELAKSANAAN

1.   Pembukaan

Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 1 Pebruari 2019, bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, dengan susunan Acara sebagai berikut:

·        Pembukaan

·        Tari Pembukaan

·        Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

·        Pembacaan Doa

·        Laporan Ketua Panitia

·        Sambutan Gubernur Bali sekaligus membuka Bulan Bahasa Bali 2019

·        Pertunjukan

Pertunjukan akan menampilkan Arja Modern dengan lakon Tantra, Tantri, Nirguna yang dibawakan oleh sanggar Komunitas Laboratorium Study Teater. Setelah acara pembukaan di Ksirarnawa, di bagian bawah Gedung Ksirarnawa akan diadakan Festival nyurat lontar massal. Festival diikuti oleh 1000 orang peserta yang terdiri dari peserta SMP, SMA, Perguruan tinggi, Penyuluh Bahasa Bali dan masyarakat umum. Festival ini juga akan diikuti oleh Bapak Gubernur Bali, Bapak Wakil Gubernur Bali, Bapak Ketua DPRD Provinsi Bali dan Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Bali.

2.   Seminar

Seminar dilaksanakan pada tanggal 14 Pebruari 2019. Adapun tema dari seminar adalah: “Anagata Masa Basa, Aksara, miwah Sastra Bali ring Aab Revolusi Industri 4.0” (Masa Depan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali pada Era Revolusi Industri 4.0). Seminar akan dipandu oleh Moderator Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum, dari Fakultas Sastra Universitas Udayana, dengan menghadirkan 3 orang pembicara, antara lain:

1.   Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom., Dosen Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

2.   Prof. I Nengah Suandi, Dosen Universitas Pendidikan Genesha, Singaraja.

3.   Putu Gde Ary Wicahyana, S.E., Wiraswasta.

Seminar diikuti oleh 100 orang peserta, bertempat di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali.

3.   Lomba-lomba

Acara Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali 2019 diisi dengan lomba-lomba. Jenis lomba yang diadakan adalah lomba yang bersifat online dan lomba-lomba yang merupakan perwakilan Kabupaten/Kota untuk lomba ditingkat Provinsi. Berikut rincian kriteria lomba-lomba yang diselenggarakan:

a.   Lomba Online (Umum)

·        Lomba Penulisan Opini Berbahasa Bali.   DOWNLOAD

·        Lomba Komik Online Berbasis Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.  DOWNLOAD 

·        Lomba Pembuatan Meme Berbasis Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.  DOWNLOAD

·        Lomba Postingan Status Berbahasa Bali di Media Sosial.  DOWNLOAD

·        Lomba Vlog Berbahasa Bali.  DOWNLOAD

b.   Lomba-lomba perwakilan kabupaten/kota

·        Lomba Nyurat Aksara Bali pamilet SD lanang utawi istri.

·        Lomba Ngwacen Aksara Bali pamilet daa utawi truna.

·        Lomba Sambrama Wacana Kepala OPD Kab./Kota lan Kepala OPD Provinsi Bali.

·        Lomba Debat Mabasa Bali.

·        Lomba Ngwacen Puisi Bali Modern (Lanang).

·        Lomba Ngwacen Puisi Bali Modern (istri).

·        Lomba Nyatua Bali Krama Istri (Ibu PKK).

Lomba Online, seperti lomba pembuatan komik, pembuatan meme postingan status dan lomba VLOG, pendaftarannya sudah dimulai pada tanggal 10 Januari 2019 sampai dengan tanggal 16 Pebruari 2019. Setelah semua hasil lomba terkumpul, penjurian akan dimulai pada tanggal 17 Pebruari sampai dengan 25 Pebruari 2019. Pengumuman pemenang lomba akan diadakan pada tanggal 26 Pebruari melalui email, media sosial maupun website. Khusus Lomba Penulisan Opini, pendaftaran dimulai tanggal 10 Januari 2019 sampai dengan 11 Januari 2019. Hasil lomba yang masuk ke panitia akan memasuki tahap penilaian pada tanggal 20 Pebruari 2018. 10 besar Opini terbaik akan diumumkan melalui email, media sosial dan website. Selanjutnya peserta yang memperoleh 10 besar, akan mengikuti Presentasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Pebruari 2019 di Taman Budaya.

Lomba perwakilan Kabupaten/Kota merupakan lomba yang diikuti oleh duta Kabupaten/Kota se-Bali setelah melalui proses seleksi. Kriteria-kriteria lomba dan Jadwal perlombaan sudah dikirim ke Kabupaten/Kota untuk ditindaklanjuti.

4.   Pameran

Pameran dalam Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali 2019, akan dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Bali, tepatnya disebelah barat Ardha Candra. Pameran menampilkan konten antara lain buku, manuskrip Bali, produk kreatif berbasis Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Adapun beberapa lembaga yang akan mengisi pameran adalah sebagai berikut:

·        Penyuluh Bahasa Bali

·        ISI Denpasar

·        STIKOM BALI

·        Bali Post

·        Bogbog Bali Cartoon Magazine

·        Pusat Kajian Lontar Universitas Udayana

·        Yayasan Bali Galang

·        Herbal Taru Pramana

·        RRI Denpasar

·        Basa Bali Wiki

Stand pameran untuk peserta akan disiapkan oleh panitia, dengan fasilitas :

·        Tenda 3 x 3 meter

·        Floring

·        1 Buah Meja Panjang

·        2 Buah Kursi

·        Instalasi listrik, lampu dan stop kontak

·        Papan nama

·        Dekorasi sederhana

Pemasangan tenda Pameran akan dimulai pada tanggal 24 Pebruari. Para peserta Pameran sudah bisa untuk mempersiapkan konten dan konsep pameran pada tanggal 25 Pebruari. Pameran akan dibuka pada tanggal 26 Pebruari, yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26 Pebruari sampai dengan 28 Pebruari 2019.

5.   Penganugrahan Bali Kerthi Nugraha Mahottama

Penganugrahan Bali Kerthi Nugraha Mahottama diberikan kepada satu orang insan masyarakat yang berjasa terhadap pelestarian dan pengembangan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Penilaian terhadap penerima penganugrahan dilakukan oleh Tim Penilai dimulai dari Bulan Januari s.d Februari 2019.  Penerima Penghargaan menerima Lencana Emas 22 karat, 25 gram dan Uang Pembinaan sebesar Rp.100.000.000

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

6.   Penutupan

Acara penutupan dilaksanakan pada tanggal 28 Pebruari 2019 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali. Acara penutupan diisi dengan pertunjukan, penyerahan hadiah lomba dan penyerahan Penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama, yang diberikan kepada insan yang berjasa terhadap eksistensi Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.